Beberapa Penyebab Tingginya CPU Usage


Salah satu pembaca blog ini bertanya-tanya apakah ada cara lain mengatasi tingginya penggunaan CPU usage. Dulu, saya sudah membuat Cara Mengatasi Masalah RAM dan CPU Usage yang dimana ada beberapa orang tidak dapat menghapus folder InProcServer32 di dalam registry. Maka dari itu, saya mencari-cari di internet penyebab tingginya CPU usage ini. Hasil dari pencarian saya mendapat ada beberapa penyebab CPU usage yang dimana tingginya CPU usage ini bisa disebabkan oleh aplikasi, sisem, virus, services, atau anti-virus. Salah satunya yang paling sering ditemui adalah file sistem svchost.exe. File ini menyerupai seperti virus, namun bukan virus melainkan file sistem yang digunakan untuk menjalankan service-service yang ada. Saya berkata menyerupai virus karena file ini dapat membelah diri menjadi 6-10 process di Task Manager. Bukan hanya CPU usage, file ini juga dapat mempengaruhi RAM.

Disini saya akan menjelaskan satu per satu penyebab tingginya CPU usage.

Aplikasi

Aplikasi juga dapat mempengaruhi tingginya CPU usage karena proses program akan bekerja sendirinya tanpa kita ketahui. Bukan hanya program yang kita install, namun program dari Windows juga akan berjalan. Berikut adalah solusi dari penyebab ini.

1. Buka Start, lalu cari dan buka msconfig.exe.

2. Jika sudah terbuka, buka tab Startup.

3. Hilangkan tanda centang pada program yang anda pikir tidak diperlukan untuk berjalan ketika Windows start.

4. Klik Apply dan klik OK. Restart Windows jika ingin melihat hasilnya.

Services

Dalam service, yang biasa membuat CPU usage menjadi tinggi adalah program WmiPrvSe.exe. File ini menjalankan service yang bernama Windows Management Instrumentation. Service ini membantu memantau dan mengatasi banyaknya sistem dalam satu jaringan. Maka dari itu, process ini dapat membuat CPU usage menjadi tinggi. Berikut adalah cara untuk menonaktifkan service ini.

1. Buka Start, lalu cari dan buka Services.

2. Jika sudah terbuka, scroll ke bawah dan cari Windows Management Instrumentation, lalu klik kanan, dan pilih Properties.

3. Pada menu dropdown ubah dari Manual menjadi Disabled.

4. Klik Apply, lalu OK.

System Idle Process

Untuk System Idle Process, sudah saya jelaskan pada postingan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi Karena System Idle Process. Masalah ini terjadi karena adanya program WinSAT.exe yang bekerja tanpa sepengetahuan kita. WinSAT.exe adalah program dari Windows yang fungsinya untuk mengetes kemampuan sistem dengan skor skala 1 sampai 7.9. Nah inilah yang membuat CPU Usage menjadi tinggi. Karena pada dasarnya mengetes kemampuan sistem membutuhkan semua proses hardware bekerja. Bukan hanya CPU Usage, mungkin memori RAM juga bisa menjadi tinggi.

Virus

Pada masalah ini adalah masalah yang paling utama dan sering ditemui. Masalah ini terjadi antara lain karena kurangnya sistem keamanan Windows. Virus dalam manusia dapat merusak sistem organ tubuh, begitupun dalam Windows. Virus biasanya masuk kedalam process, services, bahkan sampai ke registry yang dimana ketiga ini merupakan tempat sistem Windows. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah menggunakan anti-virus pada saat selesai menginstall Windows. Jika sudah terlanjur, maka segera cari dan download anti-virus dan lakukan full scan.

Anti-virus

Apakah anti-virus dapat membuat CPU Usage menjadi tinggi? Ya, betul, karena setiap anti-virus mempunyai fitur system monitoring yang berfungsi untuk memantau folder sistem jika ada terjadi masalah. Dalam system monitoring ini sama saja halnya seperi kita melakukan scan pada anti-virus. penyebabnya adalah karena dalam proses scan, anti-virus akan masuk kedalam semua folder dan mencari adanya ancaman virus. Dalam proses pembersihan virus, anti-virus akan menggunakan CPU Usage yang lumayang tinggi. Salah satu solusi adalah membuat jadwal untuk melakukan proses scan.
Previous
Next Post »

Live links automaticly removed.

2 komentar

Click here for komentar
22 Juli 2017 19.01 ×

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


bandarq
Agen Poker
Domino99

Balas
avatar
admin

Live links automaticly removed.

Thanks for your comment!

Sepertinya anda mengaktifkan AdBlocker pada blog ini.

Iklan pada blog ini adalah satu-satunya penghasilan untuk blog ini.

Dengan menonaktifkan AdBlocker, anda telah membantu blog ini.

Terima kasih :)

×