Apakah Windows Aman jika Tidak Menggunakan Antivirus?



Antivirus merupakan software yang berguna untuk melindungi dan mencegah infeksi virus pada komputer. Jenis dari antivirus ini bermacam-macam, mulai dari yang dasar hingga proteksi jaringan. Selain itu, beberapa antivirus ada yang gratis maupun berbayar. Namun, apakah Windows memerlukan antivirus?

Pada saat menginstall Windows, ada terdapat program yang bernama Windows Defender. Fungsi dari program ini sesuai dengan namanya sebagai pelindung Windows. Dengan kata lain, Windows Defender merupakan program yang berfungsi sebagai antivirus bagi Windows. Windows Defender mulai muncul ketika Windows XP rilis namun tidak sebagai antivirus, melainkan anti-spyware.

Awalnya, Windows Defender ini merupakan program anti-spyware yang berdasarkan kepada program GIANT AntiSpyware. Lalu, Microsoft mengakuisisi perusahaan pengembang program tersebut pada 2004. Jadilah Windows Defender yang masih merupakan Anti-spyware. Berjalan waktu, Microsoft terus mengembangkan Windows Defender ini sehingga menjadi Windows Defender Antivirus pada Windows 10 Creators Update.

Windows Defender


Windows Defender ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, Windows Defender tidak perlu di-install, karena secara otomatis ter-install dan gratis. Windows Defender ini juga tidak memerlukan penggunaan memori dan CPU yang besar. Nah, untuk kekurangannya, Windows Defender tidak bisa memproteksi jaringan. Selain itu, proteksi Windows Defender ini tidak terlalu begitu lengkap fitur-fiturnya seperti program antivirus lainnya.

Menurut saya, Windows Defender ini sudah cukup sebagai antivirus utama pada Windows, selain harganya yang gratis, Windows Defender juga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Untuk proteksinya sendiri, bagi saya sudah sangat memuaskan. Kesimpulannya, Windows tidak memerlukan antivirus tambahan selain Windows Defender, namun anda boleh jika ingin menggunakan program antivirus lainnya sebagai pengganti antivirus ini.
Previous
Next Post »

Live links automaticly removed.

Live links automaticly removed.

Thanks for your comment!

Sepertinya anda mengaktifkan AdBlocker pada blog ini.

Iklan pada blog ini adalah satu-satunya penghasilan untuk blog ini.

Dengan menonaktifkan AdBlocker, anda telah membantu blog ini.

Terima kasih :)

×